Minggu, 12 Agustus 2012

Tuntutan Profesi


Perjalanan ke Jakarta berawal dari ketrimanya aku di perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi.Disaat itu juga gue harus ninggalin Jogja tempat dimana gue menimbah ilmu, tempat gue mengatahui banyak tentang arti dan bagamana menjalani susahnya kehidupan ini.Sangat berat untuk ninggalin kota yang sudah menjadi kebiasaan dengan keramahannya serta keindahannya selama empat tahun disisi lain dimana saya menjalin hubngan dengan saudara2 baik dari toraja maupun dari kampus.blom lagi harus meninggalkan seseorang yang sangat special yang selalu membuat diri saya tersenyum dan mengajar untuk selalu mensyukuri betapa besar kasih dan penyertaan Tuhan yang biasa terlupakan oleh diriku karena kesibukan yang seharusnya tidak terlalu penting…sekali lagi trima kasih buat teman2 yang ada d jogja..sya tdak akan melupakan kebersamaan kita selama ini..Trima kasih juga buta Yunita Rappun (Ani’) yang selalu ada buat saya  memberi semangat dalam menjalani kehidupan walaupun kita sudah tidak sekota skrang..
                Pada saat Bus yang sya tumpangi sudah masuk wilayah Jakarta,Busnya berhenti pertama pada suatu tempat dengan tulisan JABABEKA,saya berpikir kayaknya saya harusnya turun disini karena dalam pikiranku tulisan BEKAnya itu artinya Bekasi soalnya saya harus turun di bekasi (maklumlah baru pertama kali naik Bus k Jakarta  dan ndak tau tempat2 d Jakarta..haha)..habis itu,kondekturnya ngomong klo bekasinya di pemberhentian depan seketika itu juga saya sangat legah..pas saya turun dari bus saya berharap dijemput dan ternyata sang supir om saya lagi ketiduran ato apa jadi ngak bisa jemput,terpaksa disuruh naik taksi aja..sampai d rumah dibilangin langsung kalo mau jalan2 ke suatu tempat tapi saat itu saya sangat kelelahan jadi cman bisa tinggal dirumah dan tidur sepuasnya..keesokan harinya barulah aku diajak omku untuk melihat kantor tempat sya kerja sekalian maul hat kost tapi yak arena waktu tdak mencukupi jadi langsung balik aja habis lhat kantor..dan beruntungnya kami ndak cari kost karena kantor dimana saya ditempatkan bukan dipusat tapi di proyek2.
                Hari pertama saya pergi kerja dengan setelan kemeja panjang,celana hitam n sepatu kantoran gitu..tanpa diantar gue sok jago nih hapal jalan padahal jalannya itu jauh banget ya ± 2 jam perjalanan karena taulah Jakarta macet bener..jadi hari pertama itu saya hafal jenis angkot dan turunnya dimana.agak ragu juga sih tapi pede aja..dan setelah sya dah sok tau nih dan perkirakan waktunya ternyata macetnya sangat terlalu jadi ya agak telat g2…tapi pas dating dikantor ternyata ada anak 2 Atma juga da nada 2 anak Undip n satu lagi anak Unika  yang juga pada saat itu masuk pada hari yang sama.yang lucunya ada dri mereka yang dating setengah 7 pdahal masuknya kan jam 8.dan parahnya lagi d suruh nunggu sammpe jam 11 baru dilayani jadi yang terlalu cepat dating td tuh dah bosan nunggunya..haha.Pada saat itu juga kami disuruh ngurus administrasi n kelengkapan lain dan paling ndak saya sukai itu ialah pada saat  MCU(medical Check Up).Dengan bermodalkan Peta kami menjelajah mencari RS dimana kami akan MCU dan setelah sekian lama kami berputar2 akhirnya ketemu juga.Pada saat itu saya ditemani dengan 2 orang anak undip yang juga mau MCU dengan bergantian kami diperiksa mulai dari penglihatan, pendengaran, berat badan, tinggi badan, pernapasan dan lain2.namun yang paling mengarihkan ialah pada saat pengambilan darah..karena saat itu jarum suntik yang dimasukkan susternya terlalu dalam dan menyakitkan setelah dicabut dan beberapa hari setelahnya,sampai2  hmpir  seminggu rasanya sakit .entah karena jarumnya salah masuk ato karena saya tertawa pada saat penyuntikan itu.Dan yang paling teringat dalam pikiran saya tentang hari itu ialah pada saat pulang, di tengah kemacetan yang melanda naiklah seorang pengamen yang penampilannya sangar, rambut gondrong, muka preman banget, trus penampilannya sangar banget deh intinya tapi pada saat dia menyanyi kok lagu yang dia nyanyikan tdak asing buat saya dan setelah saya mendengarkannya lebih cermat ternyata dia menyanyikan lagu rohani yang judulnya “Mujizat itu nyata” dan dari cara dia ngomong lembut banget(Menipu banget deh intinya)kaget dan saya berpikir mudah2an nih orang bukan cuman2 pura2 lembut…haha..
                 Suatu yang ada dalam benakku saat melihat orang di angkot yang terdiam semua dan saling bertatapan yakni mungkin yang ada dalam pikiran mereka ‘kapan kita sampe tujuan?ato mungkin ‘apakah saya akan selamat sampai tujuan?selain macet, sopir angkot cenderung ngebut ngak jelas.Dan satu pelajaran klo naik angkot ialah bayar dengan yang pas dan ketahuilah tarif karena kemarin temanku dan saya pun mengalami hal yang sama.dimana saya membayar dengan yang 20 rb n dikembalikan 10rb pdahal tarif sebenarnya ialah 3rb..Makan d Jakarta nih beda dengan di Jogja(ya iyalah..ndak bisa dibandingin kale..haha)sekedar info aja hamper 3 kali lipat deh..makan rawon ma es jeruk aja dah 18 rb.blom lagi mkan ayam ato bebek n semacamnya…skali mkan 20rbanlah…
                Saat penempatan di proyek nih derita buat pemula selain harus panas2 di lapangan juga ngak tau tugas yang mau dikerja jadi ya keliling2 aja kerjanya,intinya ngak jelaslah sampe hari ketiga baru ada tugas tetap yang walaupun bukan tugas sebenarnya tapi karena ndak ada yang ngerjain makanya di kasih ke kita yang masih pemula..Dan apabila bos2 pada ngumpul karena ngak enak di kantor jadi jalan2 keliling proyek dengan tjuan yang sangat amat tidak jelas,ya beginilah nasib pemula, ngak jelas tapi tetap dapat gaji..hahaha..
Karena penempatan proyek di luar kota Jakarta makanya ada yang nmanya Mess ato tempat nginap yang disediakan perusahaan untuk yang proyeknya diluar kota.Mess kami itu ada di perkampunga. mau dibilang kampung juga tapi disetiap rumah tuh punya kendaraan dan bnyak dijumpai Ninja 250 padahl jalan ma rumahnya aja sangat memprihatinkan namun masalah motor..gila coy…dan yang gila lagi dari beberapa cewek yang kndarai…
                Satu hal lagi yang tidak terlupakan dari Jakarta selain macetnya yang berkepanjangan dan panasnya yaitu nyamuk2 yang sangat bnyak baik di kota, di gereja, maupun di perkampungan tempat nginap..Gila bnyaknya ndak nanggung2 sampe ribuan kaliii apalagi klo ditinggal dua hari tuh penginapan baru datang lagi..sedangkan obat nyamuk aja belum mampan…ngak tau deh..mudah2an ngak kehabisan darah karena di gigit nyamuk..haha
                Demikian rangkaian pengalaman hari hari pertama di Jakarta dengan pekerjaan yang baru kiranya menjadi awal yang baik dan  dapat menjadi suatu pelajarn dikemudian hari….sebenarnya masih bnyak tapi lain kali aja kale ya…hehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar