Rabu, 04 Juli 2012

Angka yang Spesial (5 dan 7)

Dalam menjalani kehidupan yang serba ribet tdak lepas dari yang namanya 'Angka'.Sehingga pada umumnya segalah sesuatu dikaitkan dengan angka, perhitungan.Pada umumnya tiap orang memiliki angka favorite masing2 yang bisa berarti tanggal spesial dengan seseorang, angka keberuntungan, bahkan karena tanggal lahir.Sampai sampai orang sengaja membuat persamaan untuk menghasilkan sesuatu yang di impikan tiap insan manusia yaitu symbol dari Love seperti pada gambar dibawah ini.

Angka 5 dan 7 adalah angkan favorite buat saya karena angka tersebut merupakan tanggal dimana Tuhan mempunyai suatu rencana yang Indah dengan menempatkan saya diantara berjuta-juta umat-Nya di dunia ini. Disatu sisi anka 5 dalam kelipatannya paling mudah d hafal dan mungkin juga karena 5 adalah jumlah jari dari satu tangan.Dalam suatu pertandingan ataupun perlombaan sering dikategorikan dalam 5 besar walaupun pada umumnya 3 besar.Alat indera pada tubuh manusia ada 5,Hari dalam Kalender Jawa (Pahing, Pon, Wage, Kliwon, dan Legi) ada 5.Sedangkan angka 7 merupakan angka favorite karena memiliki banyak keunikan tersendiri. Pertama,karena angka 7 biasa dikaitkan dengan angka Tuhan,Tuhan menciptakan 7 hari dan hari ke 7 adalah hari Dia memberkati pada hari ke 7.Angka 7 juga sering dihubungkan dengan 7 bidadari,langit ke 7.Dalam alkitab angka 7 sering digunakan,misalnya saja (kejadian 4:15,24) dibalaskan 7 kali lipat, memaafkan 70 kali 7 kali.khusus dalam hal memaafkan diartikan bahwa 7 adalah angka paling tinggi yang tidak bisa disamai angka2 lainnya.Dalam Alkitab secara tulisan angka 7 muncul sebanyak 605 kali itulah yang menjadi alasan bnyak yang menganggap 7 adalah angka Tuhan ataupun angka Dewa.
  

Berikut Mitos yang berhubungan dengan angka 7 tersebut :
-menurut cerita angka 7 telah mempesona sejak jaman dahulu kala. Di China angka 7 dihubungkan dengan kehidupan gadis, dimana gadis mempunyai gigi susu pada usia 7 bulan dan tanggal pada usia 7 tahun, dalam 2 x 7 tahun “roda yin” membuka ketika ia mencapai masa puber, dan pada 7 x 7 = 49 datanglah masa monopause.
-Kesakralan angka 7 tidak ditemui di Amerika pra-Columbian dimana bangsa Maya percaya bahwa pada 7 lapis langit dan menganggap 7 sebagai angka penjuru mata angin.
-Dalam agama Yahudi (agama sebelum nabi Ibrahim. AS, atau agama pada jaman sebelum Masehi) hari ke 7 menjadi hari libur suci, sehinga di sakralkan, pada hari ke 7 itu larangan bekerja di ubah menjadi perintah. Dalam kitab perjanjian lama penuh angka 7. Pada generasi ke 7 setelah Adam hiduplah Lamech (silsilah dari Adam ) selama 777 tahun dan harus membayar balas dendam selama 777 tahun (Kejadian : 4.24). Tujuh tahun langkah menuju kuil sulaiman berhubungan dengan 7 cerita tentang kuil kuil Babilonia. Lalu Merpati Nuh menghilang selama 7 hari, dan tanda tanda datangnya muncul selama 7 hari, sungai Eufrat terbagi menjadi 7 aliran.
-Pada abad ke -14, sejarawan Mesir al-Maqrizi mengatakan bahwa orang orang kristen di Mesir (Koptik) merayakan 7 pesta besar dan 7 pesta kecil di gereja mereka. Dimana pesta yang dilangsungkan adalah 7 untuk pesta kesenangan dan 7 untuk pesta kesedihanMaria yang selaras dengan irama heptadik. Oleh karena itu dalam musik renaisans terdapat sejumlah lagu dengan 7 suara, yang biasanya dipersembahkan kepada Perawan Maria atau berkaitan dengan 7 pahala Roh Kudus.
-Angka 7 juga banyak di jumpai di India, menurut cerita, angka 7 adalah angka penting terpenting di Weda selain angka 3. Angka 7 secara khusus berkaitan dengan Agni, dewa Api yang memiliki 7 istri, ibu atau adik serta 7 api, balok atau lidah, dan lagu lagu yang diperuntukkan baginya berjumlah 7. Dalam kepercayaan merea dewa matahari mempunyai 7 kuda penarik keretanya di langit.
-Dalam Budha (sidharta Gautama) yang baru lahir diyakini oleh pengikutnya, ketika lahir langsung menapak 7 langkah. Ia mencari keselamatan selama 7 tahun dan mengitari pohon bodhi selama 7 kali sebelum duduk bermeditasi dibawahnya. Masih menurut cerita, bahwa Syurga Budha mempunyai 7 teras, 7 karya keagamaan akan membawa manfaat bagi orang orang yang mempercayai kehidupan ini.
-Dalam Ilmu pengetahuan, angka 7 adalah dasar dari akumulasi angka yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari 7 atom, 7 partikel terkecil dan seterusnya.
-Dalam tradisi Jawa, ada moment tertentu yang berhubungan dengan angka 7. Sebagai contoh ketika orang hamil sudah usia 7 bulan, maka diadakan selamatan dengan istilah yang disebut “Tingkepan”. Lalu pada bayi yang telah berusia 7 bulan, maka ada prosesi yang dinamakan turun tanah.

Keunikan dari angka 5 dan 7 sangat bermakna itulah alasan mengapa angka tersebut sangat spesial walaupun dalam kenyataan bahwa angka tidaklah berpengaruh akan kehidupan tiap manusia tapi sangat wajar bila tiap tiap orang memilih suatu angka dengan alasan tertentu karena segalah sesuatu itu hanya boleh terjadi atas ijin Tuhanlah.

5 Juli 1990- 5 Juli 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar